Ada anggota keluarga yang menderita stroke, namun sampai saat ini tak kunjung sembuh, meski sudah banyak pengobatan dan terapi yang dilakukan. Namun, apakah Anda sudah pernah mencoba meminta pasien stroke mendengarkan musik?
Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Helsinki menyatakan mendengarkan musik pop, klasik ataupun jazz mendukung kesembuhan dan mencegah kelumpuhan pada pasien stroke, seperti dikutip dari BBC.
Riset yang dipimpin Teppo Sarkamo ini menguji pasien stroke yang diminta mendengarkan musik selama dua jam setiap harinya, memori verbal dan rentang perhatian pasien membaik secara signifikan dibandingkan mereka yang tak mendapat stimulasi musik atau hanya mendengarkan cerita yang dibacakan dengan keras.
Pasien yang rutin mendengarkan musik juga mengalami penurunan depresi dibanding mereka yang tidak mendengarkan musik.
1 Tanggapan sejauh ini
Tinggalkan sebuah tanggapan
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <pre> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>
Terima kasih atas infonya….
Comment oleh pengobatan stroke November 17, 2008 @ 10:21 am