Hidup Sehat Selalu


Diet Berdasarkan Golongan Darah
Juli 17, 2008, 8:29 am
Filed under: diet | Tag: , , ,

GOLONGAN darah ternyata bisa memberikan arah dan petunjuk tentang penyakit dan makanan apa saja yang cocok untuk pemiliknya. Bila Anda selalu merasa lelah, kurang sehat atau sulit mengurangi kelebihan berat badan, bisa jadi, makanan yang Anda konsumsi tidak sesuai dengan golongan darah Anda. ya, kini, semakin banyak yang mempercayai golongan darah mempengaruhi jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi.

Dalam berbagai literatur kesehatan, dijelaskan bahwa ada kaitan erat antara penyakit tertentu dan golongan darah. Misalnya, darah golongan O lebih rentan terhadap munculnya bisul atau borok, sementara mereka yang memiliki darah golongan A cenderung mudah terkena kanker.
Baca lebih lanjut



Diet Efektif
Juli 17, 2008, 8:20 am
Filed under: diet | Tag: , , ,

Para ilmuwan dari Aberdeen’s Rowett research Institute telah menunjukkan bahwa diet protein tinggi, karbohidrat rendah adalah yang paling efektif dalam menurunkan rasa lapar dan membantu menurunkan berat badan, paling tidak dalam jangka pendek. Kerja mereka telah dipublikasikan di dalam American Journal of Clinical Nutrition edisi Januari 2008.

Pria obes sehat diberi dua diet berbeda selama tinggal di institut. Kedua diet mempunyai kandungan protein tinggi (30% angka energi total dari diet), tapi berbeda dalam jumlah karbohidrat : satu diet rendah karbohidrat (4%) dan yang lain mengandung jumlah sedang karbohidrat (35% angka energi total).
Baca lebih lanjut



Diet Ala Jepang, Boleh Coba
Juli 16, 2008, 1:29 pm
Filed under: diet | Tag: , , ,

Ingin hidup lebih sehat dan berusia panjang? Kalau begitu tak ada salahnya Anda mencoba diet Okinawa. Percayalah, jika dijalankan dengan disiplin dan teratur, diet yang bersifat semi-vegetarian ini bisa memperlambat datangnya penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, darah tinggi, diabetes, dan lainnya.

Mengapa disebut ‘Okinawa’?

Okinawa merupakan nama sebuah pulau yang terdapat di Jepang. Selama turun menurun penduduknya memiliki pola makan sangat khas sehingga membuat sebagian besar penduduknya memiliki usia hidup yang panjang dan tetap sehat hingga usia lanjut. Data menunjukkan, terdapat 427 warga Okinawa yang berumur lebih dari 100 tahun.

Baca lebih lanjut



Teh Hijau Dapat Mengurangi Resiko Kanker Prostat
Juli 15, 2008, 1:19 pm
Filed under: Manfaat | Tag: , ,

Suatu studi yang dilakukan tim ahli di Jepang menemukan bahwa kaum pria yang rajin minum teh hijau sebanyak lima cangkir dalam sehari diketahui dapat mengurangi resiko penyakit kanker prostat, ketimbang yang hanya minum dua cangkir teh sehari.

Penelitian tersebut dikembangkan oleh tim riset dari Kementerian Kesehatan, Kesejahteraan, dan Tenaga Kerja Jepang yang melibatkan sedikitnya 50.000 pria, demikian Kyodo News, di Tokyo.

Baca lebih lanjut



Gangguan Kesehatan Yang Rentan Bagi Si Gemuk
Juli 9, 2008, 10:01 am
Filed under: Uncategorized | Tag: , , , , ,

Gemuk pertanda makmur? Ah siapa bilang. Gemuk itu tak selalu identik dengan makmur apalagi sehat. Lihat saja beberapa selebriti Indonesia yang tak berusia panjang akibat kegemukan atau obesitas. Bahkan para pegulat sumo di Jepang yang tubuhnya gemuk-gemuk, usianya jarang ada yang mencapai 40 tahun. Mengerikan bukan?

Kegemukan pada seseorang justru semakin meningkatkan risiko terserang berbagai penyakit dan gangguan kesehatan pada tubuh. Ingin tahu apa saja penyakit yang menjadi ancaman si gendut? Berikut ini daftarnya:

Baca Selanjutnya



Bugar Saat Kerja, Gini Nih Caranya
Juli 8, 2008, 3:59 pm
Filed under: olahraga, Tips | Tag: , ,

WAKTU berjalan cepat bagi mereka yang bekerja di depan komputer. Jika tidak diselingi aktivitas fisik dan pengalihan pandangan, bisa membawa dampak buruk bagi tubuh. Karena itu, olahraga ringan atau gerakan sederhana diperlukan untuk memperbaiki postur dan kesehatan.

Gerakan teratur akan membakar kalori yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Sekalipun berolahraga di depan komputer bermanfaat, tapi tidak lantas aktivitas olahraga rutin terhenti. Olahraga sambil mengetik dilakukan untuk mencegah agar otot tidak kaku.
Baca lebih lanjut



Tips Langsing Secara Alami
Juli 4, 2008, 9:59 am
Filed under: diet, Tips | Tag: , , , , ,

Penelitian membuktikan bahwa orang langsing tidak berpikir sama soal makanan dengan orang gemuk. “Orang langsing punya relasi yang rileks dengan makanan,” kata David L. Katz, MD, associate professor kesehatan masyarakat dari Yale University. “Mereka yang gemuk cenderung dikuasai oleh makanan. Mereka cenderung fokus pada berapa banyak atau sering makan dan melekatkan label baik atau buruk pada makanan tertentu. Hasilnya, makanan selalu ada di otak mereka.”

Karena itu, mari belajar dari prang langsing soal makanan.

1. Puaskan, bukan kenyangkan perut

Dari skala 1 sampai 10, orang langsing berhenti makan di angka 6 atau 7, kata Jill Flemming, penulis buku Thin People Don’t Clean Their Plates. Sementara sebagian besar orang berhenti di skala 8 atau 10. Mengapa? Itu karena Anda menyamakan sensasi kenyang dengan kepuasan atau merasa kurang jika berhenti duluan. Atau Anda terbiasa menghabiskan apa saja yang ada di piring, tak peduli sebenarnya Anda sudah kenyang.

Baca Selanjutnya