Hidup Sehat Selalu


Diet Berdasarkan Golongan Darah
Juli 17, 2008, 8:29 am
Filed under: diet | Tag: , , ,

GOLONGAN darah ternyata bisa memberikan arah dan petunjuk tentang penyakit dan makanan apa saja yang cocok untuk pemiliknya. Bila Anda selalu merasa lelah, kurang sehat atau sulit mengurangi kelebihan berat badan, bisa jadi, makanan yang Anda konsumsi tidak sesuai dengan golongan darah Anda. ya, kini, semakin banyak yang mempercayai golongan darah mempengaruhi jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi.

Dalam berbagai literatur kesehatan, dijelaskan bahwa ada kaitan erat antara penyakit tertentu dan golongan darah. Misalnya, darah golongan O lebih rentan terhadap munculnya bisul atau borok, sementara mereka yang memiliki darah golongan A cenderung mudah terkena kanker.
“Kita tidak bisa memilih jenis makanan sebagaimana memilih warna rambut. Itu semua sudah dipilihkan untuk kita,” ujar dokter ahli naturopatik Peter D’Adamo. Jenis makanan, katanya, harus disesuaikan dengan golongan darah.

Gagasan diet berdasarkan golongan darah ini muncul dari ayahnya, yang juga seorang dokter. Sang Ayah mulai melakukan penggolongan darah pada pasiennya, dan menemukan bahwa pasien dengan golongan darah O, lebih cocok mengkonsumsi daging dan melakukan diet kalori berat serta banyak melakukan aerobik. Sementara mereka yang memiliki golongan darah A sebaiknya banyak mengkonsumsi protein kacang-kacangan dikombinasikan dengan melakukan yoga.

Alasan penyesuaian diet dengan golongan darah ini adalah, bahwa setiap golongan darah mampu mengidentifikasikan sesuatu dari luar, termasuk zat makanan, dengan tanda-tanda kimia pada permukaannya yang disebut antigen. Setiap makanan juga memiliki semacam ‘tanda’ yang akan diidentifikasi oleh antigen dalam darah, apakah cocok atau tidak.

Menurut D’Amo, perbedaan golongan darah manusia berasal dari perbedaan nutrisi yang dikonsumsi manusia sejah zaman prasejarah. Sekitar 100.000 tahun yang lalu, menurut catatan D’Adamo, semua manusia memiliki golongan darah O, karena semua mengkonsumsi banyak daging, sedikit memakan sayuran dan produk bukan dari ternak. Ini terjadi karena pada saat itu manusia menggantungkan hidupnya dari berburu.

Saat dimulai revolusi pertanian, pemilik darah golongan A berkembang. Mereka mengkonsumsi hampir semua makanan diet untuk vegetarian. Pemilik darah golongan B muncul kemudian, karena mereka telah memelihara binatang sekaligus hidup berdampingan dengan para petani. Semakin lama, makin banyak orang memiliki darah golongan AB yang bisa mengkonsumsi segala jenis makanan. (rileks)


1 Komentar so far
Tinggalkan komentar

bagaimana dengan orang yang memiliki golongan darah B makanan jenis apa yang baik dan tidak baik dikonsumsi, terima kasih

Komentar oleh Ni Kadek Ratnasih




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: